بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Hendri Wijaya
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F
PRODUCT
Salah satu fokus produk unilever adalah
makanan dan minuman yang menyasar segmentasi segala kalangan. Mulai dari rumah
tangga, pelajar dan mahasiswa, dewasa dan anak-anak dari berbagai strata dan
status sosial di masyarakat. Produk lainnya yang menjadi unggulan dari unilever
adalah produk home care. Unilever memiliki status sebagai perusahaan
multinasional dimana perusahaan multinasional memiliki permodalah yang besar.
Sehingga mampu memperluas lini produknya dengan berbagai varian merk. Segmentasi
lainnya yang digarap oleh unilever adalah pada produk personal care. Perawatan
personal unilever bersifat unisex. Perusahaan membuat produk personal care bagi
wanita dan laki-laki. Produk personal care lebih banyak menyasar target pasar
kalangan muda hingga dewasa. Dan hanya sedikit menyasar kalangan balita ataupun
anak-anak.
PRICE
Menurut buku pemasaran strategik halaman 65,
penetapan harga pada setiap produk unilever
mengadopsi orientasi persaingan.
Dimana pada industri consumer goods merupakan kondisi pasar persaingan
sempurna. Setiap perusahaan dan pembeli bebas keluar masuk pasar dan
kecenderungan produk homogen hanya bervariasi terhadap nama merk dan
komposisinya saja. Persaingan sempurna bersifat sensitif terhadap perubahan
harga, karena akan berdampak kepada perilaku pesaing lainnya dalam menetapkan
strategi harga pula.
PLACE
Unilever menjalin hubungan kemitraan dengan para
perusahaan wholesale di seluruh Indonesia. Semua produk unilever dapat dengan
mudah dibeli mulai dari toko-toko grosir, pasar modern, mini market, pasar
tradisional bahkan hingga warung kelontong. Unilever berusaha memberikan
distribusi yang sangat masif kepada seluruh jaringan pemasaran di seluruh
daerah di Indonesia.
PROMOTION
Perusahaan mengandalkan promosi per merk produk.
Hal ini juga bertujuan untuk menguatkan positioning setiap lini produk.
Sehingga produk baru yang diluncurkan relatif cepat diterima di benak
masyarakat, ditambah lagi menggunakan nama unilever yang sudah mapan dalam
inovasi consumer goods.
PROCESS
Setiap proses produksi di pabrik selalu
memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan atau (AMDAL). Pertimbangan
ini mengusung kepada konsep go green dan komitmen unilever dalam menciptakan
keeberlangsungan serta kelestarian lingkungan.
PEOPLE
Untuk menghire orang-orang dalam kalangan top
management. Unilever lebih cenderung merekrut para profesional dari berbagai
latar belakang pendidikan sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu unilever yang
berstatus sebagai perusahaan multinasional juga berusaha mengkombinasikan
tenaga ahli untuk top management sumber daya yang berasal dari negara
masing-masing perwakilan kantor dengan tenaga luar negeri.
Lingkungan kerja yang ada pada unilever sudah sangat baik. Mulai dari kantor, pabrik,
dan gudang penyimpanan, semuanya sudah sesuai dengan standar keselamatan kerja
dan ISO. Lingkungan kerja yang sehat ini dibuktikan dari berbagai penghargaan
yang diterima oleh manajemen perusahaan. Good corporate governance sudah
terjaga dengan baik dan konsisten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar