بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Hendri
Wijaya
Graduate
Student of Master Program in Sharia Management
Graduate
School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor
Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Marketing
Class
Lecturer:
Prof.
Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr.
Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr.
Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr.
Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F
Kesan pertama ketika mendengar kata-kata
“marketing” adalah pasar. Pasar dalam pikiran saya disini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan jual beli. Seperti
penjualan, pembelian, hingga produk dan jasa yang ditawarkan. Agaknya
dugaan saya tidak terlalu salah, karena memang saat perkuliahan pertama
dengan Bapak Mukhammad Najib, kami semua di kelas diajak
berkenalan dengan teori-teori marketing, konsep, dan strategi pemasaran. “Tak kenal
biasanya tak sayang” pepatah ini masih berlaku di dalam kelas, oleh karena itu
perkuliahan kami dimulai dengan perkenalan masing-masing secara santai dan
hangat. Bagi saya yang memiliki background ekonomi syariah serta masih minim
ilmu dan pengalaman dalam marketing, kuliah ini sangat menarik. Karena metode
pembelajaran kuliah ini tidak selalu disampaikan dengan metode ceramah dari Pak
Najib, tetapi kami sangat diberikan ruang berdiskusi saling sharing pengalaman
dan pandangan masing-masing. Terlebih lagi pengalaman-pengalaman rekan-rekan
senior saya di kelas yang sudah bertahun-tahun berkiprah sebagai praktisi di dunia
perbankan menjadikan suasana diskusi yang sangat hidup dan berbobot. Perkuliahan
manajemen pemasaran dengan Pak Najib, kami dibagi menjadi 5 kelompok dimana
setiap kelompok beranggotakan 2 orang. Tugas kami adalah mereview jurnal
internasional yang bertemakan Islamic Marketing kemudian menyajikannya
di perkuliahan serta menyampaikan kepada rekan-rekan lainnya sebagai
pembelajaran dan bahan diskusi kami semua.
Bagaikan tertimpa durian runtuh, perkuliahan manajemen pemasaran
pertama kali dengan Pak Ujang juga tak kalah menariknya. Dalam perkuliahan
pertama kami dengan beliau pada tanggal 7 Maret 2015 di ruang Soka, beliau pun
mengawali perkuliahan dengan berkenalan dengan kami dan bertanya kepada kami
semua mengenai visi dan misi kami semua. Karena menurut beliau, visi dan misi
juga berkaitan erat dengan marketing. Marketing ada dimanapun dan dipraktikkan
oleh siapapun termasuk sinetron-sinetron yang ditayangkan di televisi. Pak
Ujang juga memberikan tugas kelompok kepada kami, kami dibagi menjadi beberapa kelompok
yang tiap kelompoknya beranggotakan 3 orang dan 1 kelompok beranggotakan 4
orang. Tugas kami adalah membuat business plan lengkap dari visi dan
misi perusahaan kami, struktur perusahaan, bahkan hingga pembukuan keuangan. Hal
ini dimaksudkan agar kami berlatih merancang perusahaan yang kuat dan
kompetitif. Meskipun kami harus lebih memutar otak, berusaha extra, dan tidur lebih
malam untuk menyelesaikan amanah ini, kami yakin kami bisa mengemban amanah ini
dengan baik. Kami bersyukur kepada Allah yang telah mempertemukan kami dengan
orang-orang yang profesional dan handal pada bidangnya masing-masing dalam
membimbing kami di kelas. Semoga apa yang kami pelajari ini, dapat kami serap
dengan baik dan mengimplementasikannya di kehidupan nyata demi kebermanfaatan
dan kebaikan sesama.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum
Referensi Buku:
Ujang Sumarwan (Editor) 2015, IPB Press
Ujang Sumarwan (Editor) 2015, IPB Press
Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.
Silahkan download e-book:
Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3
Silahkan download e-book:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar