Salam

Salam

Jumat, 17 April 2015

Analisis Marketing Mix 7P Pada BRI Syariah

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Hendri Wijaya
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F

PRODUCT


Product tabungan faedah BRI Syariah mengincar segmentasi kalangan menengah kebawah. Hal ini direpresentasikan dengan setoran awal pembukaan tabungan yang murah, yaitu 50.000 Rupiah saja. Menurut buku pemasaran strategik halaman 53 dikatakan bahwa salah satu strategi bauran produk adalah varian produk. Saat ini tabungan faedah hanya memiliki satu jenis kartu ATM saja . Artinya belum adanya diversifikasi produk tabungan faedah dengan melakukan variasi ATM. Sedangkan untuk produk funding lainnya. BRI Syariah sudah memiliki diversifikasi produk selain tabungan faedah yaitu berupa tabungan haji, tabungan impian, giro dan deposito.

PRICE


Menurut buku pemasaran strategik halaman 65, penetapan  harga untuk layanan ATM pada BRI Syariah mengadopsi orientasi  persaingan. BRI Syariah menyadari bahwa infrastruktur dan jumlah fasilitas ATM nya masih sedikit. Sehingga BRI Syariah menjalin kerjasama dengan jaringan ATM lainnya guna memperluas jangkauan nasabah. Dan menetapkan harga dibawah pesaing (bank lain) untuk bertransaksi doi ATM.
Salah satu contoh adalah biaya tarik tunai di mesin ATM lainnya selain BRI Syariah hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 3750. padahal bank lain membebankan biaya sebesar Rp 7500.
Hal ini juga bertujuan untuk menguatkan tagline dan positioning produk tabungan faedah, yaitu fasilitas serba murah.

PLACE


Pemilihan lokasi kantor pusat dan kantor cabang BRI Syariah juga sudah cukup baik. Dimana kantor pusat terletak di tengah ibukota, yaitu di Jl. Abdul Muis Jakarta  Pusat (seberang mensesneg). Hal ini memudahkan akses bagi karyawan dan nasabah yang ingin datang ke bank.
Kantor cabang dan cabang pembantu pun  selalu diusahakan terletak di tempat-tempat yang strategis di pusat-pusat bisnis, keramaian, dan kemudahan akses jalan serta transportasi.

PROMOTION

Menurut buku pemasaran strategik ujang sumarwan halaman 131 bahwa salah satu metode promosi adalah dengan melakukan hubungan masyarakat. Salah satu cara yang digunakan Bank BRISyariah dalam melakukan strategi promosi adalah dengan menggunakan cara tersebut, yaitu dengan turun tangan langsung dalam penyaluran pemberian corporate social responsibility. Keunggulan dari metode ini selain lebih membangun ikatan emosional dengan masyarakat serta dapat langsung membangun citra positif adalah dapat memangkas biaya promosi dan publisitas.

PROCESS

Salah satu produk dari BRISyariah adalah tabungan faedah. Faedah merupakan akronim dari fasilitas serba mudah. Dalam proses pembukaan rekening tabungan faedah ini, pihak BRISyariah mencoba memberikan layanan yang sesuai dengan nama yang terkandung di dalam produk tersebut. Mengusung tagline serba mudah, BRISyariah mencoba menterjemahkannya dalam proses pembukaan rekening yang memang relatif lebih mudah dibandingkan dengan competitor lainnya. Setortan awal pembukaan rekening hanya Rp 50.000 dan menerapkan sistem pembukaan rekening satu meja dengan nama one stop service, artinya segala proses pembukaan rekening hanya dilakukan di meja customer service saja dari tahap awal sampai selesai pembukaan rekening.

PEOPLE

Saat ini BRISyariah memiliki berbagai macam karyawan yang terklasifikasi berdasarkan strata pendidikan dan usia. Total karyawan pada tahun 2013 yang bekerja langsung dibawah kontrak BRISyariah sejumlah 4937 orang. Jumlah ini naik cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 3655 orang.

PHYSICAL ENVIRONMENT


BRISyariah memiliki berbagai fasilitas layanan perbankan untuk menunjang para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan yang mudah, cepat dan praktis. Salah satu fitur dari produk tabungan faedah adalah dilengkapi dengan layanan sms banking, mobile banking dan internet banking. Layanan ini sangat user-friendly dan relative mudah digunakan sekalipun oleh orang yang awam akan teknologi.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum mas hendri
    Mohon izin, saya mau bertanya sedikit, mas punya kontak pegawai bri syariah pusat abd muis?
    Saya sedang menyelesaikan skripsi, jadi butuh kenalan internal dlm rangka pengumpulan data.
    Mohon maaf mas, terima kasih sbelumnya.

    BalasHapus