Salam

Salam

Selasa, 28 April 2015

Analisis 7P Pada Perusahaan Unilever

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Hendri Wijaya
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F


PRODUCT


Salah satu fokus produk unilever adalah makanan dan minuman yang menyasar segmentasi segala kalangan. Mulai dari rumah tangga, pelajar dan mahasiswa, dewasa dan anak-anak dari berbagai strata dan status sosial di masyarakat. Produk lainnya yang menjadi unggulan dari unilever adalah produk home care. Unilever memiliki status sebagai perusahaan multinasional dimana perusahaan multinasional memiliki permodalah yang besar. Sehingga mampu memperluas lini produknya dengan berbagai varian merk. Segmentasi lainnya yang digarap oleh unilever adalah pada produk personal care. Perawatan personal unilever bersifat unisex. Perusahaan membuat produk personal care bagi wanita dan laki-laki. Produk personal care lebih banyak menyasar target pasar kalangan muda hingga dewasa. Dan hanya sedikit menyasar kalangan balita ataupun anak-anak.


PRICE

Menurut buku pemasaran strategik halaman 65, penetapan  harga pada setiap produk unilever mengadopsi orientasi  persaingan. Dimana pada industri consumer goods merupakan kondisi pasar persaingan sempurna. Setiap perusahaan dan pembeli bebas keluar masuk pasar dan kecenderungan produk homogen hanya bervariasi terhadap nama merk dan komposisinya saja. Persaingan sempurna bersifat sensitif terhadap perubahan harga, karena akan berdampak kepada perilaku pesaing lainnya dalam menetapkan strategi harga pula.


PLACE


Unilever menjalin hubungan kemitraan dengan para perusahaan wholesale di seluruh Indonesia. Semua produk unilever dapat dengan mudah dibeli mulai dari toko-toko grosir, pasar modern, mini market, pasar tradisional bahkan hingga warung kelontong. Unilever berusaha memberikan distribusi yang sangat masif kepada seluruh jaringan pemasaran di seluruh daerah di Indonesia.


PROMOTION
Perusahaan mengandalkan promosi per merk produk. Hal ini juga bertujuan untuk menguatkan positioning setiap lini produk. Sehingga produk baru yang diluncurkan relatif cepat diterima di benak masyarakat, ditambah lagi menggunakan nama unilever yang sudah mapan dalam inovasi consumer goods.


 PROCESS

Setiap proses produksi di pabrik selalu memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan atau (AMDAL). Pertimbangan ini mengusung kepada konsep go green dan komitmen unilever dalam menciptakan keeberlangsungan serta kelestarian lingkungan.


PEOPLE

Untuk menghire orang-orang dalam kalangan top management. Unilever lebih cenderung merekrut para profesional dari berbagai latar belakang pendidikan sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu unilever yang berstatus sebagai perusahaan multinasional juga berusaha mengkombinasikan tenaga ahli untuk top management sumber daya yang berasal dari negara masing-masing perwakilan kantor dengan tenaga luar negeri.


 PHYSICAL ENVIRONMENT

Lingkungan kerja yang ada pada unilever  sudah sangat baik. Mulai dari kantor, pabrik, dan gudang penyimpanan, semuanya sudah sesuai dengan standar keselamatan kerja dan ISO. Lingkungan kerja yang sehat ini dibuktikan dari berbagai penghargaan yang diterima oleh manajemen perusahaan. Good corporate governance sudah terjaga dengan baik dan konsisten.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar