Salam

Salam

Selasa, 10 Maret 2015

MARKETING CLASS (First Impression)

بسم الله الر حمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Hendri Wijaya
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F

Kesan pertama ketika mendengar kata-kata “marketing” adalah pasar. Pasar dalam pikiran saya disini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan jual beli. Seperti penjualan, pembelian, hingga produk dan jasa yang ditawarkan. Agaknya dugaan saya tidak terlalu salah, karena memang saat perkuliahan pertama dengan Bapak Mukhammad Najib, kami semua di kelas diajak berkenalan dengan teori-teori marketing, konsep, dan strategi pemasaran. “Tak kenal biasanya tak sayang” pepatah ini masih berlaku di dalam kelas, oleh karena itu perkuliahan kami dimulai dengan perkenalan masing-masing secara santai dan hangat. Bagi saya yang memiliki background ekonomi syariah serta masih minim ilmu dan pengalaman dalam marketing, kuliah ini sangat menarik. Karena metode pembelajaran kuliah ini tidak selalu disampaikan dengan metode ceramah dari Pak Najib, tetapi kami sangat diberikan ruang berdiskusi saling sharing pengalaman dan pandangan masing-masing. Terlebih lagi pengalaman-pengalaman rekan-rekan senior saya di kelas yang sudah bertahun-tahun berkiprah sebagai praktisi di dunia perbankan menjadikan suasana diskusi yang sangat hidup dan berbobot. Perkuliahan manajemen pemasaran dengan Pak Najib, kami dibagi menjadi 5 kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan 2 orang. Tugas kami adalah mereview jurnal internasional yang bertemakan Islamic Marketing kemudian menyajikannya di perkuliahan serta menyampaikan kepada rekan-rekan lainnya sebagai pembelajaran dan bahan diskusi kami semua.

Bagaikan tertimpa durian runtuh, perkuliahan manajemen pemasaran pertama kali dengan Pak Ujang juga tak kalah menariknya. Dalam perkuliahan pertama kami dengan beliau pada tanggal 7 Maret 2015 di ruang Soka, beliau pun mengawali perkuliahan dengan berkenalan dengan kami dan bertanya kepada kami semua mengenai visi dan misi kami semua. Karena menurut beliau, visi dan misi juga berkaitan erat dengan marketing. Marketing ada dimanapun dan dipraktikkan oleh siapapun termasuk sinetron-sinetron yang ditayangkan di televisi. Pak Ujang juga memberikan tugas kelompok kepada kami, kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang tiap kelompoknya beranggotakan 3 orang dan 1 kelompok beranggotakan 4 orang. Tugas kami adalah membuat business plan lengkap dari visi dan misi perusahaan kami, struktur perusahaan, bahkan hingga pembukuan keuangan. Hal ini dimaksudkan agar kami berlatih merancang perusahaan yang kuat dan kompetitif. Meskipun kami harus lebih memutar otak, berusaha extra, dan tidur lebih malam untuk menyelesaikan amanah ini, kami yakin kami bisa mengemban amanah ini dengan baik. Kami bersyukur kepada Allah yang telah mempertemukan kami dengan orang-orang yang profesional dan handal pada bidangnya masing-masing dalam membimbing kami di kelas. Semoga apa yang kami pelajari ini, dapat kami serap dengan baik dan mengimplementasikannya di kehidupan nyata demi kebermanfaatan dan kebaikan sesama.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum

Referensi Buku:
Ujang Sumarwan (Editor) 2015, IPB Press



Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

Silahkan download e-book:



Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3
Silahkan download e-book:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar